Jumat, 15 Februari 2013 - 14:21:06 WIB
Pentingnya Pengelolaan Arsip di Kampung
Diposting oleh : harianpagipapua
Kategori: Daerah & Politik - Dibaca: 138 kali

SENTANI–Arsip sebagai rekaman kegiatan dan bahan bukti pertanggungjawaban dalam pemerintahan, menjadi penting dan bermakna apabila dikelola dengan baik dan profesional sesuai tata kelola kearsipan yang berlaku.
Sama halnya dengan pengelolaan arsip yang ada di pemerintahan tingkat kampung, aparatnya harus mempunyai akuntabilitas untuk mewujudkan tata pemerintahan yang baik (good governance), bersih serta terawat dan lestarinya arsip dan dokumen.
“Untuk itu perlunya arsip dikelola secara baik dan cermat,” kata Kepala Sub Bagian Tata Usaha pada Kantor Pengelolaan Data Elektronik (PDE), Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Jayapura, Zamsudin, SE kepada Harian Pagi Papua, di Kantor Bupati Gunung Merah Sentani, Rabu (13/2/2013).
Menurutnya, arsip sebagai sumber informasi perlu mendapat perhatian yang serius, agar tidak menjadi masalah dibelakang hari.
Menurutnya, arsip mempunyai peran penting salah satunya Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kabupaten Jayapura, yang secara terus menerus mendapat opini Wajar Dengan Pengecualian (WDP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).
“Berkat pengelolaan arsip yang sudah baik dan tertata rapi, kita mendapat opini WDP dan diharapkan dapat mencapai opini Wajar Tanpa Pengacualian (WTP),” ungkapnya.
Kaitannya ditingkat kampung kata Zamsudin, pihaknya terus melakukan pembinaan bagi setiap aparat di kampung-kampung.
“Tahun-tahun sebelumnya aparat kampung telah dibina melalui pelatihan yang dilaksanakan atas kerjasama Kantor Kearsipan Pusat, Kantor Kearsipan Provinsi Papua dan Kantor Kearsipan Kabupaten Jayapura dengan materi pelatihan adalah tentang bagaimana membuat arsip yang baik, “ jelasnya.
Selain itu, pihaknya juga telah memprogramkan untuk turun ke kampung-kampung, guna melihat pengelolaan kearsipan serta memastikan apakah pengelolaan sudah dilakukan sesuai dengan pengetahuan atau belum.
Menurutnya, pendampingan dan pembinaan pengelolaan arsip ini sangat penting, apalagi dengan adanya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang makin canggih. Perkembangaan ini berpengaruh proses kearsipan, dimana dulu disimpan dalam bentuk fisik berupa copy-an atau kertas, tapi sekarang bisa di simpang dalam bentuk file atau digital. (inu/ecy/hpp)



0 Komentar :


Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)