Senin, 25 Maret 2013 - 17:38:33 WIB
Salah Paham, Siswi SMA PGRI Berkelahi
Diposting oleh : harianpagipapua
Kategori: Seputar Kota Wamena - Dibaca: 230 kali

WAMENA–Perkelahian antar siswi SMA PGRI Wamena terjadi, terjadi sekitar pukul 11.00 Wit, Kamis (21/3/2013) di pertigaan Jalan Bhayangkara-Jalan Kimbim Piramid. Untungnya perkelahian tersebut cepat dilerai, sehingga tidak mengakibatkan jatuhnya korban. Dari informasi yang dihimpun Harian Pagi Papua, perkelahian tersebut disebabkan adanya salah paham antara siswi tersebut. Untuk menyelesaikan perkelahian tersebut, kedua belah pihak yang berkelahi digiring ke pos pelayanan Polres Jayawijaya.
Saat memberikan keterangan ke petugas, salah seorang siswi berinisial EA (15) menerangkan bahwa, perkelahian tersebut, berawal dari seorang siswi yang adalah kakak kelasnya berinisial RK (17) melakukan tindakan yang menurutnya kasar dan hendak ingin memukul temannya yang berinisial FK (15), karena tidak terima dengan perlakuan kakak kelasnya RK (17) terhadap temannya FK (15), lalu EA (15) turun dari kendaraan (motor) yang dikendarainya dan memukul kakak kelasnya RK (17).
Sementara itu, RK (17) saat menanggapi keterangan yang disampaikan oleh EA (15) menuturkan, dirinya hendak menanyakan kepada FK (15) yang menertawakan saat dirinya dan teman-temannya melintas dihadapan mereka.
“Saya sebenarnya cuma mau tanya sama FK (15) kenapa pada saat kita lewat, mereka tertawai kami, namun karena saya agak emosi jadi saya tanya FK (15) dengan sedikit mendorongnya, lalu tiba-tiba EA (15) datang dan memukul saya,”jelasnya.
Kepala Sekolah SMU PGRI Wamena Stefanus Naban, S.Pd kepada Harian Pagi Papua, seusai penyelesaian masalah tersebut mengatakan, perkelahian ini karena adanya kesalahpahaman antara senior dan junior.
“Jadi ini sebenarnya persoalan di sekolah, dimana siswi yang kelas XII merasa senior dan menganggap perlu dihargai oleh junior, kemudian ada semacam rasa tersinggung karena ada hal sepeleh di sekolah yang terkait dengan soal menghargai tadi, namun itu tidak terjadi dan sebenarnya kelas XI ini mereka tertawa pada saat senior mereka lewat, lalu muncullah ketersinggungan disitu, kemudian senior ini mencari tahu sebenarnya ada apa sehingga junior ini tertawa,”tuturnya.
“Mungkin pada saat menyampaikan antara kedua kelompok siswi tersebut, barangkali tidak sesuai, sehingga menimbulkan rasa ketersinggungan dan akhirnya muncul emosi lalu perkelahianpun terjadi,”ujarnya.
Disinggung, apakah perkelahian ini ada motif lain yang membuat para siswi tersebut berkelahi, Stefanus Naban mengatakan, tidak ada motif lain.
“Ini kan anak-anak jadi emosi mereka tidak terkontrol, maka ada hal-hal yang dirasakan kurang berkenan lalu tunjukan hal-hal yang bersifat fisik tersebut (berkelahi-red),”tandasnya.
Ketika ditanya terkait pembicaraan yang dilakukan sehingga terjadi perdamaian, Stef mengatakan, disepakati ke depan peristiwa serupa tidak terjadi lagi.
“Terkait perkelahian ini kan, guru tidak tahu, sedangkan saya sendiri dipanggil kesini dan saya juga kaget, ternyata sampai sini, persoalannya hanya soal itu tadi tersinggung dan ingin dihargai saja serta kejadian ini terjadi pada saat sudah pulang sekolah, dimana disekolah tengah dilakukan ujian tengah semester bagi kelas X,XI dan kelas XII ujian sekolah, namun tadi telah diselesaikan dan telah dimuat dalam surat pernyataan,”ujarnya.
Dengan demikian berdasarkan surat pernyataan yang telah dibuat bahwa kedua belah pihak yang berkelahi, maka selanjutnya masalah tersebut diselesaikan secara kekeluargaan, dimana kedua belah pihak saling meminta maaf dan berdamai.
“Surat pernyataan ini dibuat tanpa ada unsur paksaan atau tekanan dari pihak manapun dan apabila dikemudian hari ada yang melanggar surat pernyataan ini maka akan dituntut/proses sesuai dengan aturan sekolah dan hukum yang berlaku,”jelasnya.  
“Kepada para siswi-siswa patuhilah tata tertib yang ada disekolah, karena di sekolah sudah diatur semuanya, dimana siswa harus buat apa, guru harus buat apa,”tandasnya. (cr-09/lmn/hpp)



1 Komentar :

Free Baby Stuff
26 Maret 2013 - 11:42:34 WIB

Our site memberikan informasi lengkap tentang perlengkapan bayi. Jika anda berminat, silahkan main. :)
<< First | < Prev | 1 | Next > | Last >>
Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)